HATI-HATI! 6 Kesalahan Umum Saat Membeli Rumah Pertama

  • 1 bulan lalu
  • News
  • 1

Memiliki rumah pribadi menjadi memang menjadi impian banyak orang, baik yang sudah berkeluarga atau belum. Bagi yang mungkin saat ini memiliki pengalaman membeli rumah pertama kalinya, tentu tahu bahwa banyak persiapan yang perlu diperhatikan dan siapkan untuk membuat nyaman saat menghuni rumat tersebut. 

Namun, tak jarang pembeli melakukan banyak kesalahan saat membeli rumah. Terlebih bila tidak mempersiapkan dengan sebaik mungkin. Demi menghindari hal tersebut, sejumlah ahli pembelian properti dan agen real estate meberitahukan kesalahan yang sering dilakukan pembeli saat membeli rumah. Apa saja? Berikut adalah kesalahan umum saat membeli rumah pertama yang dilakukan banyak orang. 

1. Langsung Terpesona dengan Tampak Luar Rumah

Melihat rumah terkadang sama halnya melihat sesorang yang langsung jatuh cinta dalam pandangan pertama. Mungkin saja terjadi ketika seseorang hanya jatuh cinta terhadap fisiknya saja tanpa mengatahui seluk beluk isi dan lingkungan rumah. Hal yang sangat fatal jika anda hanya terpesona dengan bagian luar rumahnya saja. Saat mulai terpesona dengan sebuah rumah, tanyakan semua hal tentang rumah tersebut. Dari harga hingga lingkungan sekitar. Apabila terkait harga dapat menyicil, tanyakan kisaran dana cicilan, bunga, dan tenor rumah tersebut. Pastikan anda mengetahui secara mendetail tentang informasi yang terkait rumah yang akan anda beli. 

 

2. Bergantung pada Pinjaman Bank

Kebanyakan orang saat ini membeli rumah untuk pertama kalinya bergantung pada pinjaman bank, bukan pada dana keuangan yang dimiliki. Padahal jika membeli rumah tidak dengan biaya sendiri atau berdasarkan dipinjamkan bank dapat membuat anda stres, kredit yang diberikan atas dasar jaminan berupa benda tidak bergerak terutama bila anda belum memiliki finansial yang matang. 

Maka dari itu, pahami arus keungan pribadi anda, kendalikan anggaran pribadi, serta jangan terlalu memaksakan diri. Jika anda belum mampu untuk membeli rumah anda bisa mencicil dengan membeli tanah terlebih dahulu. Atau anda bisa mulai menabung terlebih dahulu mulai sekarang. 

 

3. Tidak Mengamati Lingkungan Sekitar Rumah

Tempat tinggal yang aman dan nyaman juga harus memiliki lingkungan yang aman dan nyaman juga. Sangat mungkin terjadi bahwa rumah yang sudah dipilih sudah bagus masuk dalam kriteria rumah idaman anda, harganya juga murah. Lalu, aman dan nyamankah lingkungan sekitarnya, apakah sudah cocok dan membuat nyaman?

Untuk mengetahui hal itu, sangat disarankan untuk lakukan survei lingkungan terlebih dulu sebelum membeli rumah. Amati pula apakah lingkungan rumah tersebut rawan banjir, atau sering terjadi kriminalitas di sana tidak. Anda juga bisa melakukan survey dengan bertanya pada warga sekitar.

 

4. Tidak Sanggup Membayar Cicilan

Jika membeli rumah secara KPR, penting juga untuk memperhatikan cicilan perbulanya. Jangan sampai cicilan rumah ini malah lebih besar daripada pendapatan Anda. Lebih baik, perhitungkan dulu pendapatan, kebutuhan utama, dan lainnya. Jangan lupakan juga untuk mempertimbangkan biaya cicilan KPR yang perlu dibayarkan.

Dengan begitu, anda dapat mengetahui seberapa besar dana yang tersisa dan kesanggupan dalam membayar cicilan rumah. Jika nantinya mendapat bonus atau kelebihan uang, bayarkan terlebih dulu keperluan uang pokok KPR, agar cicilan menjadi berkurang dan beban anda akan cepat ringan.

5. KPR Dengan Jangka Waktu Singkat

Makin singkat waktu tenor atau jangka waktu pembayaran yang diambil dalam cicilan KPR, maka cicilan setiap bulannya akan makin banyak. Sementara itu, keadaan keuangan tidak dapat ketahui secara pasti. Sudah pasti, tidak ada yang ingin mengalami kondisi finansial yang tidak baik kan. Namun, tenor KPR yang diambil pun juga harus menjadi pertimbangan agar dapat meminimalkan risiko yang akan terjadi, terutama ketika kondisi finansial sedang tidak baik.

Baca Juga : Hindari 5 Kesalahan Berikut Saat Membeli Rumah

Bergabunglah dengan Diskusi

Compare listings

Membandingkan
Open chat
Tanya Harga & Promonya di sini!
Hallo, mau tahu List Harga & Promonya?