Inilah 5 Cara Cerdas Membangun Rumah Tumbuh

  • 4 minggu lalu
  • 1

Inilah 5 Cara Cerdas Membangun Rumah Tumbuh – Saat ekonomi yang seperti ini, membangun rumah tumbuh menjadi salah satu solusi yang efektif untuk membangun hunian. Apalagi hunian seperti yang selalu diinginkan namun dengan budget yang minim. Istilah rumah tumbuh akhir – akhir ini menjadi banyak dibicarakan serta diperkenalkan oleh para pengembang properti.

Rumah tumbuh adalah rumah yang dibangun secara bertahap sesuai dengan kebutuhan si penghuni rumah sewaktu-waktu. Maka dari itu saat ini banyak orang yang memilih rumah tumbuh untuk dijadikan konsep hunian yang diusung.

Namun ada beberapa yang harus diperhatikan dalam membangun rumah tumbuh agar kalian tidak mengalami kerugian yang cukup besar. Mungkin kebanyakan orang beranggapan bahwa membangun rumah tumbuh menguras banyak uang dan waktu. Padahal jika kalian mengatur anggaran dengan baik dan benar maka, membangun rumah tumbuh tidak akan terlalu menguras uang dan waktu.

Nah kali ini kita akan bahas bareng-bareng gimana cara cerdas membangun rumah tumbuh agar tidak terlihat seperti rumah yang belum selesai dibangun, yuk simak artikel ini sampai habis!

 

1. Tentukan Konsep Rumah Tumbuh

Jika sudah matang ingin menggunakan konsep rumah tumbuh, sebaiknya kalian menentukan seperti apa rumah kalian nantinya. Mulai dari rumah ingin menghadap kemana, ingin rumah tumbuh menyamping atau keatas, sesuikan dengan lahan yang kalian miliki.

Perlu diperhatikan jika sudah membangun rumah tumbuh sebaiknya tidak mengubah apa yang sudah ada, contoh kecilnya seperti jendela, taman, kolam ikan dan tempat terbuka lainya agar tidak menambah pengeluaran dan waktu

 

Inilah 5 Cara Cerdas Membangun Rumah Tumbuh

2. Rencanakan Denah, Pondasi dan Saluran air

Setelah menentukan arah rumah dan apa saja yang ingin dibangun terlebih dahulu sebaiknya itu diwujudkan dalam bentuk denah, dan juga jika membangun rumah tumbuh selanjutnya agar tidak terlalu banyak mengubah denah awal karena denah itu nanti adalah acuan untuk pengurusan Surat Izin Mendirikan Bangunan (IMB). IMB wajib dimiliki pemilik rumah sebelum membangun atau merenovasi sebuah rumah.

 

Dalam membangun rumah tumbuh skala prioritas juga menjadi pedoman yang penting dalam membangun pondasi rumah tumbuh, baik menambah bentuk horizontal atau vertikal. Agar tulang struktur bisa disambung saat melakukan pertumbuhan di kemudian hari. Jika kalian ingin membangun rumah secara vertikal pastikan pondasi bawah kuat untuk menopang bangunan dikemudian hari.

 

Selain pondasi rumah yang kokoh volume air juga harus diperhatikan, seiring dengan menambah ruangan, penambahan kamar mandi dan dapur akan membuat volume air kotor dan air hujan membesar, jika ingin membuat rumah tumbuh sedari awal pasang pipa air kotor dan penampungan air yang lebih besar.

 

 

Inilah 5 Cara Cerdas Membangun Rumah Tumbuh

3. Hal yang perlu diperhatikan saat menyusun RAB (rencana anggaran biaya)

Sebelum membangun rumah tumbuh perhatikan hal – hal berikut saat menyusun RAB

 

a. Pemilihan Bahan Bangunan

Pilih bahan bangunan yang berkualitas, tahan lama, tahan cuaca, meskipun harganya sedikit mahal namun kualitas yang didapat bisa menjamin ketahanan untuk berpuluh-puluh tahun kedepan. Jika kalian memilih bahan bangunan yang sedikit lebih murah itu memerlukan biaya perawatan yang lebih apalagi untuk jangka waktu beberapa tahun.

 

b. Memperhitungkan Inflasi

Rumah Tumbuh tidak sama dengan seperti pembangunan rumah konvensional, rumah tumbuh memerlukan waktu dalam pembangunannya ungkin beberapa bulan hingga tahun, sementara harga bahan bangunan bisa naik sewaktu-waktu. RAB yang telah dirancang diawal biasanya tidak bisa dipakai untuk acuan pembangunan. Untuk cara lebih amannnya kalian bisa menambah 10% disetiap RAB yang dirancang.

 

Source : https://thewowdecor.com/20-stunning-industrial-exterior-design-ideas/

4. Agar rumah tidak terlihat seperti rumah belum jadi

Meskipun rumah tumbuh artinya rumah yang belum rampung pengerjaanya kalian bisa menambahkan atap teras, membuat rumah berlangit-langit  atau bisa membuat gaya industrial yang menarik.

 

5. Bangun Ruangan Prioritas

Pilihlah ruangan yang biasa kaian gunakan sehari-hari, seperti kamar tidur, kamar mandi, dan dapur. Dengan memilih ruangan yang prioritas kalian bisa memanage keuangan terlebih dahulu.

Itulah tadi beberapa cara cerdas saat membangun rumah tumbuh ! selamat mencoba !

Anda sedang mencari perumahan? Ya di Sinar Gading aja, Karena perumahan ini miliki fasilitas yang sangat bagus. Begitu pula perumahan ini terbebas dari banjir. Jika anda berminat dengan jasa layanan yang kami tawarkan? Anda bisa cek website resmi Sinar Gading Residence sekarang juga untuk dapatkan perumahan yang berkualitas dan terbebas dari banjir

Bergabunglah dengan Diskusi

Compare listings

Membandingkan
Open chat
Tanya Harga & Promonya di sini!
Hallo, mau tahu List Harga & Promonya?