It’s Time to Buy Vs It’s Time to Rent

  • 1 tahun lalu
  • 1

Properti Indonesia – Potensi penurunan harga rumah diproyeksi masih akan terus terjadi hingga akhir tahun ini. CEO Leads Property Services Indonesia, Hendra Hartono bahkan memproyeksi jika harga rumah bisa terkoreksi lebih dalam lagi jika penyebaran Covid-19 masih belum tertangani.

 

Jika dirata-ratakan sejak tahun lalu sampai dengan saat ini, penurunan harga rumah yang terjadi untuk segmen secondary market antara 5-10 %, sementara apartemen mencapai 10-15%,” ujarnya kepada Properti Indonesia, Kamis (22/7).

Penurunan harga properti yang telah terjadi sejak tahun 2020 lalu ini tak pelak membuat banyak pihak, khususnya para pelaku usaha di industri properti semakin giat untuk mengkampanyekan slogan It’s Time to Buy atau saat yang tepat untuk membeli properti.

Hendra Hartono menuturkan, ada sejumlah keuntungan yang didapat konsumen jika membeli properti, khususnya rumah pada saat ini. Pertama, harga yang lebih murah karena memang sedang mengalami penurunan, kedua, pembeli dapat lebih leluasa memilih hunian idamannya karena pasokan rumah “ready stock” lebih banyak di pasaran.

“Keuntungan lainnya, adalah pembeli berpotensi mendapat diskon besar karena adanya kebijakan relaksasi dari Pemerintah berupa free Ppn 10 persen sampai dengan free BPHTB, plus berbagai gimik menarik lainnya yang ditawarkan sejumlah developer,” jelas Hendra.

Namun, benarkah saat ini merupakan waktu yang tepat untuk membeli rumah? Bagaimana dengan menyewa rumah? Bukankah lebih baik menyewa di tengah kondisi ketidakpastian ekonomi seperti sekarang? Berbagai pertanyaan inilah yang kerap ditanyakan para milenial sebelum memutuskan membeli rumah.

“Jawabannya tentu tergantung cashflow yang dimiliki. Sebab, di masa pandemi seperti sekarang, kondisi keuangan merupakan faktor terpenting yang perlu dipertimbangkan untuk menentukan apakah Anda siap untuk membeli rumah atau menyewa. Sementara, faktor utama lainnya yang perlu diperhatikan adalah stabilitas masa depan keuangan. Karena itu, pastikan kondisi pekerjaan dan keuangan dalam kondisi stabil sebelum mengambil keputusan,” sebutnya.

Hendra menambahkan, kalau dibilang sekarang adalah It’s Time to Rent juga tidak salah karena memang kondisi pasar yang sedang oversupply untuk bisnis sewa menyewa apartemen dan rumah. Terlebih, saat ini harga sangat bersaing dan pilihan sangat banyak. Karena itu, jika cashflow si konsumen masih belum lancar untuk pengambilan cicilan via KPR dan perusahaan di tempat mereka bekerja atau bisnis juga sedang berjuang melewati masa pandemi, tentu opsi menyewa lebih tepat.

Namun apabila tidak ada masalah dengan cashflow, sebut Hendra, dirinya menyarankan lebih baik It’s time to buy. Hal ini dikarenakan untuk jangka panjang seperti sekarang adalah saat yang tepat dan baik bagi first home buyer untuk membeli.

“Saat ini banyak sekali kemudahan yang diberikan developer maupun perbankan dari sisi masa cicilan, dp, dan bunga rendah. Dan, ketika ekonomi membaik, harga properti umumnya akan melonjak duluan serta cenderung naik tajam sementara pilihan makin terbatas,” pungkasnya.

 

 

Sumber : https://propertiindonesia.id

Bergabunglah dengan Diskusi

Compare listings

Membandingkan
Open chat
Tanya Harga & Promonya di sini!
Hallo, mau tahu List Harga & Promonya?