Tips Memilih Hunian Murah Namun Tetap Worth it, Perhatikan Hal Berikut!

  • 1 bulan lalu
  • News
  • 1

Tips Memilih Hunian Murah Namun Tetap Worth it, Perhatikan Hal Berikut! – Hunian yang terletak di pusat kota kini lebih banyak dicari. Lokasi yang stategis menjadi salah satu penyebab ramainya peminat hunian tengah kota. Oleh karena itulah, dapatkan lokasi rumah yang dekat dengan pusat kota bukanlah perkara yang mudah. Keterbatasan lahan daerah perkotaan buat harga rumah semakin tinggi. 

Pilihan rumah yang tersedia dengan harga terjangkau biasanya berlokasi jauh dari pusat kota. Penundaan waktu untuk membeli rumah adalah keputusan yang salah. Namun, apakah beli rumah yang lokasinya jauh dari pusat kota adalah solusi tepat dan worth it? 

Berikut ini beberapa tips beli rumah tersebut

1. Mudahnya Akses 

Biasanya akses adalah kendala yang paling sering ditemui pada rumah yang jauh dari pusat kota. Oleh karena itu, Anda harus pintar – pintar mencari rumah yang punya akses mudah ke jalan utama, jalan alternatif, dan dekat dengan pintu tol. 

2. Banyaknya Pilihan Angkutan Umum 

Untuk Anda yang ingin beli rumah murah daerah Bogor, Depok, Bekasi, dan Tangerang, serta kerja di Kawasan Segitiga Emas Jakarta. Setidaknya Anda bakal tempuh waktu kurang lebih tiga jam perjalanan menuju pusat kota. 

Walaupun sudah banyak angkutan umum tersedia mulai dari bis kota hingga ojek online, seharusnya Anda punya beragam pilihan angkutan umum yang melintasi area rumah untuk menghemat ongkos sehari-hari. 

Tapi untungnya, daerah-daerah tersebut sudah terhubung dengan jalur Kereta Rel Listrik (KRL) atau Commuter Line. Saat ini, pemerintah juga sedang aktif melakukan pembangunan fasilitas umum seperti LRT dan MRT yang akan rampung sekitar dua hingga tiga tahun lagi.

3. Lingkungan Nyaman 

Walaupun jauh dari pusat kota, kemungkinan Anda akan dapatkan lingkungan rumah yang masih asri dan tenang. Jadi jangan sampai Anda sudah membeli rumah yang jauh dari pusat kota tapi punya lokasi padat juga. 

Sebaiknya rumah punya halaman luas sebagai tempat anak bermain. Selain itu, Anda juga bisa menanam pohon pada area halaman agar rumah terlihat lebih asri. Memiliki rumah sekitar lingkungan yang asri dan hijau berikan Anda pasokan oksigen yang cukup sehingga tubuh akan tetap sehat walau tempuh perjalanan jauh setiap harinya.

4. Terjamin Aman 

Pekerjaan yang sibuk di area perkotaan membuat Anda harus tinggalkan rumah dalam waktu yang cukup lama. Oleh karena itu, pastikan Anda beli rumah dengan lingkungan yang terjamin aman. Biasanya komplek perumahan murah berbatasan langsung dengan daerah permukiman warga lain. Pastikan jika petugas ada keamanan yang berjaga serta jangan lupa untuk selalu dan menjaga hubungan baik antar tetangga dan warga sekitar komplek perumahan.

5. Lengkapnya Fasilitas Pendukung

Walaupun harga rumah tergolong murah, tidak ada salahnya jika Anda berharap adanya fasilitas pendukung. Fasilitas tersebut yang penting dapat menunjang kebutuhan hidup sehari-hari.

Bebebapa contoh fasilitas tersebut misalnya terdapat taman, pasar, bank dan ATM, mini market, penjual makanan, hingga fasilitas kesehatan. Anda bakal beruntung jika dapatkan rumah dengan adanya fasilitas pendukung seperti pusat perbelanjaan dan area rekreasi.

6. Investasi Masa Depan

Perhatikan dulu lingkungan sekitar area rumah yang lokasinya jauh dari pusat kota. Jika dalam 10 tahun terakhir tidak ada pengembangan, sebaiknya jangan beli rumah pada daerah tersebut.

Carilah lokasi rumah yang dapat berkembang 10 hingga 15 tahun ke depan. Karena selain untuk tempat tinggal, rumah tersebut juga bisa Anda jadikan investasi untuk masa depan. Apalagi rumah adalah kebutuhan pokok yang harganya akan terus naik tiap tahunnya.

Baca Juga : Tips Memilih Hunian di Ibukota yang bebas banjir

Bergabunglah dengan Diskusi

Compare listings

Membandingkan
Open chat
Tanya Harga & Promonya di sini!
Hallo, mau tahu List Harga & Promonya?