Tips Mudah Jaga Rumah Tetap Bersih dan Aman dari Kebocoran

  • 4 minggu lalu
  • 1

Tips Mudah Jaga Rumah Tetap Bersih dan Aman dari Kebocoran – Pada bulan September ini, sering turun hujan di berbagai daerah. Oleh karena itu, curah hujan yang tinggi dapat membuat rumah menjadi kotor karena seringnya terkena cipratan air. Musim hujan dapat membuat rumah lembab, becek dan sering kotor. Berikut ini adalah tips mudah bagaimana cara menjaga rumah agar tetap bersih dan aman dari kebocoran:

 

Tips Mudah Jaga Rumah Tetap Bersih dan Aman dari Kebocoran

1. Buanglah sampah pada tempatnya

Kedengarannya seperti hal yang mudah dilakukan, bukan? Namun kenyataannya masih banyak orang yang kesulitan membiasakan diri. Kebiasaan kecil ini sangat bermanfaat lho. Membuang sampah pada tempatnya dapat menjaga kebersihan suatu tempat, tidak menimbulkan bau yang tidak sedap, dan melindungi penghuni rumah dari penyakit berkat lingkungan yang bersih.

 

Tips Mudah Jaga Rumah Tetap Bersih dan Aman dari Kebocoran

2. Pemasangan kelambu di jendela

Langkah yang bisa dilakukan adalah memasang kelambu di jendela untuk menghalangi masuknya serangga. Musim hujan membuat lingkungan menjadi hangat dan lembab dan cocok untuk serangga dan hewan lainnya. Tidak heran banyak serangga seperti nyamuk, rayap atau cacing tanah di dalam dan di sekitar rumah.

Meskipun sebagian besar hewan ini tidak berbahaya, beberapa serangga dapat merusak perabotan dan dinding serta menyebarkan penyakit.

 

3. Merawat dinding agar tidak lembap

Dinding lembap bukan lagi hal yang asing dialami selama musim badai. Kelembaban di dinding menunjukkan saluran air yang tersumbat. Jika ada area lembab di langit-langit, dinding, atau sudut rumah, mungkin ada penyumbatan drainase di dekat area tersebut yang menyebabkan air merembes ke dinding.

Namun, jika lantai menunjukkan bintik-bintik basah, ini menunjukkan kelembaban merembes ke lantai atau pipa di bawahnya rusak. Jika dinding terlihat lembap tanpa diketahui penyebabnya, hal ini menunjukkan bahwa ruangan tersebut memiliki kelembapan yang terlalu tinggi.

Ventilasi yang buruk menyebabkan kondensasi pada semua dinding. Gunakan dempul, pengisi atau mortar untuk menutupi retakan pada pipa dan dinding. Pilih cat tahan air untuk dinding eksterior untuk menciptakan penghalang terhadap hujan dan kelembaban. Anda juga dapat memilih cat silikon untuk dinding interior yang sangat tahan air.

 

4. Mencegah tumbuhnya jamur di dinding

Jamur pada dinding atau pakaian sering terlihat seperti bintik hitam. Hati-hati, jamur ini bisa sangat beracun. Ibu harus menghubungi seorang profesional untuk mengatasi masalah ini. Namun, berikut adalah beberapa cara sederhana untuk mencegah jamur.

Bleach menghilangkan jamur dari dinding, ubin, tirai kamar mandi, karpet kamar mandi, dll. Larutan boraks dan cuka dapat digunakan dengan menggosokkannya pada area yang terkena. Perbaiki kebocoran di dapur dan kamar mandi. Pastikan ventilasi dan sirkulasi udara yang baik di semua ruangan.

 

Tips Mudah Jaga Rumah Tetap Bersih dan Aman dari Kebocoran

Nah, berikut beberapa tips menjaga lingkungan rumah agar selalu betah. Semoga bermanfaat, ya!

Buat anda yang lagi cari perumahan? Ya di Sinar Gading aja, Karena perumahan ini miliki fasilitas yang sangat bagus. Begitu pula perumahan ini terbebas dari banjir. Jika anda berminat dengan jasa layanan yang kami tawarkan? Anda bisa cek website resmi Sinar Gading Residence sekarang juga untuk dapatkan perumahan yang berkualitas dan terbebas dari banjir

Bergabunglah dengan Diskusi

Compare listings

Membandingkan
Open chat
Tanya Harga & Promonya di sini!
Hallo, mau tahu List Harga & Promonya?