Tips Tenang Beli Rumah Sistem KPR

  • 2 minggu lalu
  • 1

Tips Tenang Beli Rumah Sistem KPR – Untuk Anda yang  ingin memiliki impian rumah namun belum mempunyai uang tunai yang cukup? Nah, dengan jaman serba mudah dan canggih maka cara beli rumah pun ada sistmen KPR ini adalah salah satu alternatif yang dapat Anda coba.

Sistem KPR (Kredit kepemilikan rumah), semua orang dapat dimudahkan untuk mempunyai asset pribadi yang berupa rumah dengan jalur kredit. Tetapi, untuk memutuskan untuk membeli suatu rumah KPR tentu membutuhkan sebuah strategi khusus agar uang yang Anda gelontorkan tidak hilang atau sia – sia.

Mari kita simak tips cara membeli rumah KPR!

 

1. Kondisi Keuangan Saat Beli Rumah KPR

Jika kamu akan membeli rumah KPR, perlu diingat bahwa besaranj cicilan KPR harus disesuaikan dengan kondisi keuangan. Cari sebuah informasi besaranya plafon kredit dari berbagai tawaran perbankan. Bank ini akan memudahkan untuk memilih bank yang tepat serta jumlah limit pinjamanya.

Cara yang lain yaitu, membuat simulasi cicilan KPR terlebih dahulu sebelum Anda menyetujui pinjaman KPR. Karena komitmen dari KPR yang bersifat jangka Panjang, maka penghasilan Anda bulanan harus dapat disesuaikan dengan besaran cicilan yang akan dipilih. Besaran cicilan rumah KPR tidak lebih dari 30% idealnya dari total penghasilan. Jangan sampai cicilan KPR menjadi beban Anda untuk penuhi prioritas yang lain. Pahami dulu kondisi finansial Anda dulu.

 

2. Suku bunga cicilan Rumah KPR

Membeli rumah dengan system KPR tentunya ada bunga yang harus dibayarkan oleh para nasabah. KPR mempunyai beberapa jenis bunga yaitu:

  • Bunga tetap atau fixed rate : Dalam bunga tetap, besaran bunga pinjaman akan sama besarnya selama periode waktu yang telah ditentukan.
  • Bunga Mengambang atau Floating rate : bunga yang nilainya bisa berubah mengikuti suku bunga acuan dari Bank Indonesia

Dengan cara membeli hunian memang sangat menggiurkan, dikarenakan suku bunga yang ditawarkan bisa sangat rendah. Tapi, janganlah tergoda dulu. Mintalah kepada pihak pengembang atau developer simulasi cicilan, yang menunjukkan besaran cicilan bulanan dan system suku Bungan yang akan digunakan.

 

3. Besar Angsuran / Jangka Waktu Pelunasan Tenor

Manfaat paling besar dengan kamu beli hunian adalah tidak perlu uang DP dalam jumlah yang sangat besar. Namun dengan menyiapkan uang DP juga harus pakai strategi yang tepat. Besar kecilnya DP juga menentukan besar kecilnya angsuran yang harus Anda bayarkan setiap bulanya. Semakin besar DP, maka otomatis angsuran Anda jadi sangat ringan. Cara beli rumah KPR denan tenor pendek <10 tahun, cenderung cicilanya sangat besar. Mayoritas bank biasanya memberikan ke nasabag jangka waktu KPR hingga 15 tahun. Tetapi ada juga yang sampai 20 tahun.

 

4. Kredibilitas Pengambang atau Developer

Fakor utama beli rumah KPR adalah melihat kredibilitas dari developer/property. Tak sedikit pun oknum yang nakal memanfaatkan keadaan ini untuk meraup sebuah keuntungan dan merugikan pembeli. Penipuan tersebut berbentuk rumah yang telah dibangun tidak sesuai dengan spesifikasi atau rumah yang Anda pilih tidak dilanjutkan lagi proses pembangunanya.

Anda harus waspada dalam memilih developer. Dengan cara beli rumah KPR denga naman melalui pengecekan kredibiltas developer atau pengembang dari rekam jejak penjualan sebuah property dari tahun sebelumnya dan juga bagaimana feedback para pembeli.

Anda sedang mencari perumahan? Ya di Sinar Gading aja, Karena perumahan ini miliki fasilitas yang sangat bagus. Begitu pula perumahan ini terbebas dari banjir. Jika anda berminat dengan jasa layanan yang kami tawarkan? Anda bisa cek website resmi Sinar Gading Residence sekarang juga untuk dapatkan perumahan yang berkualitas dan terbebas dari banjir

Bergabunglah dengan Diskusi

Compare listings

Membandingkan
Open chat
Tanya Harga & Promonya di sini!
Hallo, mau tahu List Harga & Promonya?